Jumat, 05 Oktober 2018

UX Talkshow : Perspective Agency and Start-up

Beberapa hari lalu, tepatnya Sabtu, 30 Septembet 2018 pagi, saya menghadiri talkshow tentang Perspektif UX dimata praktisi agensi periklanan dan start-up aplikasi. Acara ini penting untuk saya karena menjadi titik balik ritme belajar saya selama ini yang pasif. Forum Belajar Kreatif adalah tempat saya belajar hal baru tentang dunia kreatif. Saya belajar isu baru yang ada di dunia luar. Bukan berati saya tidak hadir di dunia. Hanya saja saya terfokus di ruang dan waktu kerja. Kasihan ya saya.

Nah, UX ini menurut saya sedang tren beberapa tahun belakangan ini. Awalnya saya berprasangka bahwa ini bagian dari koding di tim developer web atau programming. Rupanya saya salah. UX adalah nama kerena untuk  pengembangan produk aplikasi yang melibatkan kerja-kerja riset (litbang, statistik, psikologi, demografi), kerja teknis (koding, programming), dan kerja desain grafis untuk tampilan antar muka (interface) produk.

Bagi praktisi agensi periklanan, UX ini lebih kentara dengan ritme kerja selama ini yang harus dimulai dari pitching atau penawaran jasa produk kepada calon klien. Bila klien suka, UX dimulai dari membuat rancangan proposal yang berisi target iklan, demografi, ekonomi, lalu tren apa yang sedang berlangsung hingga pembuatan jadwal atau time schedul. mendengar kemauan klien terkait hal-hal yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUARA MERDEKA 2019

Assalamu'alaikum Halo Guys n Gals Agustus 2019 ini Negara Indonesia memasuki usia 74 tahun sejak kemerdekannya pada 17 Agustus 1945 ...