catatan diri dan tren berita di masyarakat

Sabtu, 08 September 2018

Bisnis Retail Naughty Accessories : Kenal apa itu retail

naughty accessories bisnis retail

Pembaca, sudah tahu belum apa itu bisnis retail ?
Kalau belum, saya ada cerita singkat berdasarkan pengalaman saya sebelumnya di bisnis retail. Salah satunya di Naughty Accessories.

#################################################################
tapi sebelumnya saya mau info bahwa ini adalah tulisan pengalaman saya sendiri terkait ilmu. Kebetulan ilmu ini ada pada brand ternama Naughty Accessories. Ketika tulisan ini dibuat, saya tidak memiliki hubungan khusus dan tidak ada maksud lain kecuali untuk berbagi ilmu. Saya berlepas diri dari segala tuntutan hukum akibat dari tulisan ini. Semua nama dan gambar terkait brand Naughty Accessories adalah milik dari Naughty Accessories. Saya mengambil gambar yang ada dari google sebagai pelengkap informasi untuk kepentingan tulisan ini. Terimakasih
##################################################################

Sudah tahu kan tentang Naughty Accessories ?

Itu loh, toko aksesoris bernuansa girly yang biasa ada di mall-mall. Ternyata Naughty Accessories ini juga ada yang memiliki gedung store terpisah dari mall.


Tahu dari mana ?
Tentunya tahu saja, tapi tidak detail. Tidak mungkin saya cek satu persatu store di daerah lain. Tapi yang jelas store Naughy Accessories itu banyak sekali se-Indonesia. Mungkin karena bagian Business Developmentnya kerja terus. Belum lagi bagian Relasi Investornya itu yang melayani stakeholder di berbagai daerah.

Saya pernah bekerja disana untuk beberapa waktu sebelum akhirnya saya menikah. Saya melayani trainee yang baru saja di rekrut oleh bagian Rekrutmen. Saya juga tahu, rekrutmen ini selalu melayani penerimaan karyawan baru untuk di toko. Hal ini karena karakteristik bisnis retail itu yang cepat perputarannya. Ya tidak saja perputaran uang dan barangnya, tapi juga perputaran dan pergantian karyawannya.

Kok bisa ?

Nah, secara karakteristik bisnis retail itu bisnis dengan perputaran cepat. Bagaimana hubungannya dengan perputaran dan pergantian karyawannya ?

Nah, karyawan ini kan fresh recruitment, jadi perlu penyesuaian dengan cara kerja dan suasana kerja. Rata-rata ini yang menjadi sebab pergantian karyawan di bisnis retail itu selalu berganti. Istilah kerennya adalah 'turn over'.


Sampai sini sudah tahu kan apa itu bisnis retail, dan istilah turn over.

Tapi sebenarnya bisnis retail itu tidak berarti pasti cepat terjual atau cepat ganti orang. Kebetulan saja secara lingkup, Naughty Accessories lingkup bisnisnya luas. Bisnis retail Naugty Accessories dapat disebut kategori Skala Besar. Skala besar berarti karyawannya diatas 100 orang, memiliki banyak cabang dan jumlah komoditasnya banyak sekali.

Tentunya, biaya juga besar. Akibatnya tekanan target juga besar. Itu wajar. hehehe ...
Hal ini harus dipahami oleh seluruh karyawan, khususnya karyawan di toko yang langsung melakukan penjualan kepada konsumen

***
Bila retailnya skala kecil, masalah turn over tinggi bisa diminimalisir.

Bila secara istilah, retail itu berarti eceran. Sebuah bisnis yang dilakukan secaran eceran atau retail berarti barang dan jasa yang ditawarkan itu, langsung dibeli oleh konsumen untuk dikonsumsi langsung. Jadi bukan menjual barang-jasa untuk produksi. Disini saya akan kasih istilah baru lagi,yaitu  B2B dan B2C.

B2B = Business to Business
B2C = Business to Customer

Semua barang-jasa yang ditawarkan pengusaha dan  dibeli/dimanfaatkan langsung oleh orang pribadi/konsumen disebut dengan B2C

Bila ada pertanyaan silahkan di comment ya

Thanks
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels