catatan diri dan tren berita di masyarakat

Rabu, 22 Juni 2016

Terbuai Berita dan HOAX

Sudah beberapa lama waktu ini, saya mulai menyadari bahwa sudah hilang kepercayaan saya pada pemberitaan yang sedang ramai dibicarakan. Mungkin bentuk pemberitaan yang saya maksud adalah informasi artikel yang isinya seperti berita dan kadung viral di jejaring sosial dan berita online.


Catatan saya, terkadang, trik penulisan headline berita yang menarik minat pembacanya menjadi hal


utama seseorang atau sebuah berita menjadi tersebar dengan baik ke banyak pembaca (viral). Secara teori sebenarnya memang hal seperti itu yang harus dimiliki oleh sebuah artikel. Menarik untuk dibaca dimulai dari judul berita atau artikel.

Namun, hal yang membuat saya hilang kepercayaan pada berita adalah munculnya artikel-artikel yang secara pemberitaan tidak otentik, tidak berdasarkan rangkaian fakta deduksi, bahkan lebih kentara sebagai pembentukan opini baru. HOAX. Berita atau artikel yang tidak benar bahkan cenderung menipu.

berita ahoax im juni 2016

Berita online bagi saya memang menarik. Hingga pada titik jenuh saya membaca artikel yang berkepanjangan dan bersambung. Berita yang terpotong-potong. Pada momen ini saya menjadi lelah dalam menyerap serangkaian topik berita yang sama.

Ada pula artikel-artikel yang sepertinya mirip dengan artikel berita secara online tapi diketahui website tempat artikel berita itu bukan alamat kantor berita yang memiliki nama dan kredibelitas sebagai berita yang memiliki karakter jurnalistik.

Bahkan, ketika menonton berita di televisi, saya merasa menonton berita bukan sesuatu yang berharga lagi. Pasalnya, berita-berita di televisi kini sudah memiliki arah politik tertentu. Secara tidak terbuka dan resmi dapat terbaca. Pasalnya, beberapa pemilik televisi ini memiliki afiliasi atau memiliki bentuk pandangan politik yang jelas seperti, beberapa kali menggalang suara politik atau keberpihakan konten berita dan atau menutupi hot topik dengan topik berita lain.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels