catatan diri dan tren berita di masyarakat

Senin, 10 Agustus 2015

OJEG harus GELO

Beberapa pekan ini sedang marak pemberitaan konflik antara Ojeg dengan Go-Jek.

Menurut penyerapan memori otak saya yang dangkal, sebab konflik ini adalah semakin banyaknya Go-Jek dan semakin tersainginya Ojeg pangkalan.


Maksud konflik ini pada dasarnya adalah iri hati juga persaingan bisnis. Tapi kalau menilik bahwa Ojeg adalah usaha individu, maka tidak pas dikatakan bahwa ada persaingan bisnis. Bila pun ada maka katakanlah dengan bahasa kompetisi pendapatan.


Aspek "iri hati" or jelousy ini saya baca dari karakter psikologi. Seseorang dikatakan iri hati ketika dia mendapati dalam dirinya ada rasa tidak suka ketika ada orang lain di posisi yg hampir sama dengan dirinya/ atau lebih/ atau dia kenal sekali dengan baik, mendapatkan suatu keberuntungan. Mendapatkan suatu kebahagiaan. Mendapatkan suatu kekuatan. Dan lain lain ...


Semisal, ojeg pangkalan adalah mereka yg mengusahakan dirinya menawarkan jasa antar menggunakan motor. Mereka berpakaian layaknya warga sipil biasa. Namun mereka melihat ada Go-Jek yang secara penampilan itu by design menggunakan seragam jaket Go-Jek.


Kemudian aspek pendapatan, katanya Go-Jek ini lebih besar pendapatannya dibandingkan ojeg biasanya. Mereka ojeg pangkalan mendapatkan uang dari warga yg menggunakan jasa antarnya. Biasanya warga atau konsumen ini mendatangi pangkalan Ojeg terdekat. Lalu setelah mengantar konsumen, pengemudi Ojeg kembali ke pangkalan.


Berbeda dengan Go-Jek. Mereka dibekali dengan teknologi tinggi yang membuat mereka bisa mendapatkan konsumen di lokasi terdekat keberadaan mereka. Bahkan, dapat diatur jadwal penjemputan, titik tempat tujuan dan sebagainya. Apalagi kalaupun mereka sedang tidak memonitor aplikasi Go-Jek, masyarakat akan mudah mencapai mereka di manapun mereka melihat Jaket Go-Jek.


Berdasarkan hal ini, saya membuat desain jaket motor yang dapat digunakan. oleh para ojeg pangkalan.

Jaket Ojeg Gelo


Pemegang hak paten adalah saya imraan muslim 3201133006860003. Siapa berminat untuk membeli jaket ibi dapat dibayar secara tunai atau cicil harian.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels