catatan diri dan tren berita di masyarakat

Kamis, 09 April 2015

Memiliki Rumah Syariah ---> APA MAKSUDNYA ?



ABI Properti hadir karen keresahan atas banyaknya praktek riba dalam penjualan rumah. Riba itu dalam Islam adalah bagian dari dosa besar. Ngeri kalau riba ini masih dimakan. (APA itu RIBA?) APAKAH INI TERORIS ? Maka jual rumah (secara) syariah itu menjadi jalan.




----

Tulisan ini seluruhnya untuk mengedukasi masyarakat mengenai mekanisme developer ABI Properti yang berbasis syariah dalam penjualan produk rumah premium UMMI RESIDENCE.
Harga terbaik Rp. 990.000.000 untuk CASH Keras (2 bulan)
Juga Harga Cicil 10 Tahun Terbaik (1,174 M) dengan menjamin hak pembeli dengan syariah.
Bagaimana ?

1. Akad tidak bermasalah. Akad pesan-bangun. Bila ada order bangun rumah, maka akan dibangun. Seluruh hal mengenai rumah akan dipastikan di akad secara tertulis. Hal ini untuk memastikan bahwa barang/ rumah ini akan dibangun bila ada pesanan. Hal ini untuk menjamin cashflow untuk pembangunan sehingga tidak diperlukan lagi Pembiayaan dari pihak bank.

2. Harga di akad akan jelas tertera dan akan tetap selama 10 tahun. Inilah kenapa kami ingin tetap menjaga diri dari pembiayaan KPR Bank. Kami ingin agar selama 10 tahun itu, konsumen merasa aman dengan hak dan kewajibannya. DP 30% dijumlah dengan cicilan tetap selama 10 tahun bila ditotal adalah harga di dalam akad yang sudah disepakati.

KPR bank biasanya akan mencantumkan harga pembayaran bank kepada konsumen/ developer. Besaran ini lah yang harus dibayar oleh konsumen secara cicil/ utang selama jangka waktu (tenor) tertentu, 5 tahun, 10 tahun, hingga 15 tahun. Nah, ternyata hal ini juga banyak dipakai dalam mekanisme pembiayaan cicil kepemilikan motor/ mobil. Hati-hati pembaca.

Kenapa ? karena ternyata, akad jual beli KPR ini tidak memberikan rasa aman kepada konsumen. Rasa aman atas kepastian harga. Lihat saja dalam berbagai mekanisme pembiayaan KPR, harga KPR di akad dengan bank, lalu dihitung jumlah DP dengan total cicilan selama (misalnya, maksimal 10 tahun), berapakah harganya bila dihitung ? Harga rumah tersebut bisa sebesar 2-3 x harga yang tertera di akad. WOW ! ..... biasanya ada ketentutan bahwa bunga bank bisa berubah tanpa diketahui ...


Dan sedihnya, hal ini sudah menjadi kemakluman. Padahal kelebihan bayar itu dalam Islam termasuk dalam dosa perilaku Riba. TEROR kah ini ?


Konsumen pun tidak berdaya. Karena ternyata hal ini sudah menjadi regulasi pembiayaan yang diakui secara nasional. Entah kemana YLKI tentang hal ini (saya bertanya2).


3. Tidak ada Denda dan Tidak ada Sita. Kami membandingkan dengan mekanisme KPR yang ada, bahwa ternyata ada mekanisme denda untuk menertibkan pembayaran. Namun sesungguhnya itu adalah bentuk dari kelebihan pembayaran yang disebut dengan Riba juga. Dan yang kedua, biasanya denda karena terlambat membayar ini akan diberikan peringatan dalam bentuk Surat Peringatan (SP) yang maksimal berjumlah 3 kali. Bila lebih dari tiga kali, dalam mekanisme KPR biasanya rumah yang menjadi objek akad akan disita oleh Bank dan mungkin akan dijual untuk membayar utang konsumen. Parahnya, bisa jadi nilai sitaan itu untuk keuntungan bank, bukan keuntungan konsumen.


Secara syariah tidak diperbolehkan untuk menerima uang tambahan berupa denda dari akad pembayaran secara berutang. Juga tidak diperbolehkan untuk menyita barang yang masih dalam objek akad/ menjaminkan barang objek akad yang masih dalam proses pembayaran utang.


Karena hal tersebut yang ingin kami tawarkan sebagai solusi bagi konsumen maka,
1. Rumah mulai dibangun setelah ada pembayaran DP di awal.
2. Serah Terima KUNCI maksimal 18 bulan sejak pembayaran DP
3. Serah TERIMA SERTFIKAT TANAH (SHM) KETIKA SERAH TERIMA KUNCI !!
(kami tidak ingin menunda hak konsumen atas rumah yang sudah dibelinya. bandingkan dengan pembiayaan dari KPR yang menunda sertifikat rumah hingga masa pembayaran tertentu)
4. Harga Rumah Utang adalah sebesar DP 30% dan cicilan utang selama 10 tahun. Fix dan Flat. Meskipun cicilan utang masih 8 tahun, konsumen sudah berhak atas surat-surat rumah. Dimana lagi yang berani dag-gig dug dengan merelakan utang selama 8 tahun cicil hanya berlandaskan akad ?


Karena itulah, ABI Properti secara kepercayaan ingin menjadi media edukasi kepada masyarakat mengenai permasalahan umat islam terkait dengan properti. ABI Properti juga ingin menjadi solusi bagi masyarakat yang dilematis dengan kenyataan yang bahwa pembiayaan riba menjadi hal yang biasa. Mungkin ini bukan TERORIS yang seperti kita duga di awal. Tapi ini adalah hal mengerikan yang bisa didapat oleh pengembang dan pembiayaan KPR Bank.


Doakan kami, agar kami tetap komitmen dengan apa yang menjadi prinsip kami mengenai syariah. Ingatkan kami, mengenai hal yang perlu diperbaiki dari berbagai hal kesalahan kami dalam menerapkan mekanisme 100 syariah dalam pengembang rumah ini.


Saat ini karena kebetulan ABI Properti mendapat lahan yang tidak luas NAMUN berada di kawasan emas komplek Pemerintahan Daerah Cibinong, maka Ummi Residence hadir bagi konsumen penghasilan yang besar. Harga tunai 999 JUTA yang ditawarkan akhir Maret 2015 ini sudah include hadiah langsung tanpa di undi berupa :
1. UMROH PLUS WISATA RuHANI untuk 2 orang.
2. MOBIL HONDA BRIO

tanpa di undi itu pembaca. Apabila sudah sering umroh, dan sudah memiliki mobil, bisa saja harga yang harus dibayarkan menjadi lebih rendah lagi ATAU ditukar dengan hadiah lain untuk isi rumah.

Nah, untuk bulan APRIL 2015 ini juga sedang ada PROMO harga miring yang disediakan untuk 2 unit saja. Siapa cepat dia dapat.

Insya Alloh, kedepannya, setelah Ummi Residence ini sold out, kami akan membuat program rumah untuk rumah murah. Tetap di sekitar Cibinong juga. Maka mohon doa nya ya pembaca semua. Semoga rumah Ummi Residence ini bisa terjual. Doakan saya bisa menjual 10 unit dari Ummi Residence. Amiin.

Bila ada pembaca ada rekan, atasan, tetangga atau keluarga yang ingin memiliki rumah di kawasan Pemda Cibinong. Hubungi saya untuk Ummi Residence. Atau ingin memiliki murah seperti yang direncanakan ABI Properti ke depannya, saya bersedia mendengar dan mencatat kebutuhan pembaca.

Semoga berkah usaha ini. Semoga manfaat tulisan ini.

Imraan Muslim
0819 0560 7431

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels