catatan diri dan tren berita di masyarakat

Jumat, 17 Oktober 2014

Pesan Ide & Gagasan 05




Lalu siapa saja yang dapat menjadi Karang Taruna ?

Menurut Pasal 1 Ketentuan Umum ayat 2, anggota Karang Taruna adalah setiap anggota masyarakat yang berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun yang berada di desa/kelurahan.


Namun untuk menjadi pengurus Karang Taruna, usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal 45 tahun. Hal ini dibuat dengan melihat aspek kematangan berpikir yang perlu dimiliki oleh pengurus.


Mengenai kriteria calon pengurus dalam Karang Taruna, dijabarkan di pasal 10 mengenai kepengurusan ayat 1 yang berisi :
Pengurus Karang Taruna dipilih secara musyawarah dan mufakat oleh Warga Karang Taruna setempat dan memenuhi syarat – syarat untuk diangkat sebagai pengurus Karang Taruna yaitu :

a. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
c. memiliki pengalaman serta aktif dalam kegiatan Karang Taruna;
d. memiliki pengetahuan dan keterampilan berorganisasi, kemauan dan kemampuan, pengabdian di kesejahteraan sosial; dan
e. berumur 17 (tujuh belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun.


Mereka yang menjadi pengurus Karang Taruna ini dipilih, ditetapkan, dan disahkan dalam Musyawarah Warga Karang Taruna di Desa/Kelurahan dan dikukuhkan oleh Kepala Desa/Lurah setempat untuk masa bakti 3 tahun.


Menurut hemat saya, untuk menjadi pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan, akan menjadi mudah bila kamu sudah pernah aktif dalam kegiatan-kegiatan kepemudaan di tingkat RT/RW. Semakin populer kamu, maka akan semakin mudah dikenali oleh penentu kebijakan Karang Taruna tingkat Desa/kelurahan. Hahah ...



Selanjutnya, memastikan bahwa ada musyawarah Warga Karang Taruna yang dibuka secara umum dan dipersiapkan sebaik mungkin hingga, setiap warga mengetahui adanya musyawarah Warga Karang Taruna.


Mengenai hal ini, kamu bisa mendorong untuk dibukanya akses informasi dan memperbanyak akses informasi yang dapat diketahui oleh banyak Warga Karang Taruna yang memang ingin bergerak dibidang kesejahteraan sosial ini. Media termudah dan masa kini yang dapat digunakan, akses sosial media melalui internet. Ini salah satu tren yang positifnya dapat dimanfaatkan oleh kamu.



Namun, Warga Karang Taruna ini tentunya adalah mereka yang memiliki perhatian terhadap masalah kesejahteraan sosial di lingkungan Desa. Bisa jadi ada Warga Karang Taruna yang tidak menaruh perhatian mendalam terkait masalah kesejahteraan sosial, malah mungkin menjadi subjek dalam masalah yang ada. Jadi, dalam hal diadakannya Musyawarah Warga Karang Taruna, perlu difasilitasi waktu dan tempat dimana di acara tersebut, dapat ditemukan, dimusyawarahkan dan ditetapkan pengurus Karang Taruna yang diharapkan.



Ini yang bisa saya bagi : bagaimana dengan kamu ?

Bukan Salam Super

@orangQren

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels