catatan diri dan tren berita di masyarakat

Senin, 27 Oktober 2014

Pesan Ide dan Gagasan 06 : gerakkan Pramuka untuk Karang Taruna Desa

Sore 27-10/2014, saya  membuka akun twitter saya.


Luar biasa, ada Bpk, Ahmad Heryawan yang akunnya sore ini begitu aktif mengkampanyekan hashtag #pemudaMoveOn.

Rupa-rupanya hari-hari ini sedang momennya Pelatikan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, lalu Hari Blogger, dan besok, 28-10-2014 : hari Sumpah Pemuda.


Saya hanya bisa bilang, "Siap Grak !"

Nah, sebenarnya tulisan Pesan Ide dan Gagasan saya yang berseri ini adalah tentang bagaimana agar pemuda dapat bergerak dan berkembang dalam salah satu organisasi yang disupport pemerintah. Karang Taruna.



Kaitannya dengan tema #PemudaMoveOn yang dikampanyekan Aher dengan tulisan berseri ini adalah tentang bagaiamana gerakan sosial pemuda Karang Taruna dapat bergerak dalam penyelesaian masalah sosial di masyarakat.


Ingat, masalah sosial tidak hanya terkait dengan strata sosial, namun juga aspek finansial, pendidikan dan kebudayaan.


Edisi kali ini sebenarnya ingin saya tujukan kepada Gerakan Pramuka di Indonesia. Ya, Pramuka. Bukan yang lain.
....
lanjut klik




Saya mengimajinasikan, dan menggagas gerakan anggota Pramuka untuk turut andil lebih besar dalam Gerakan Karang Taruna di tingkat Desa/ Kelurahan. Anggota Pramuka, menurut pikiran dan perasaan saya, adalah mereka, benih-benih gerakan pemuda yang seharusnya terus berkembang dan tumbuh dalam rangka mendorong kehidupan sosial yang lebih baik lagi di masyarakat.


Saya bukanlah anggota Pramuka. Sewaktu SMP saya ingin sekali bisa menjadi anggota Pramuka. Namun saya pemalu. hehehe .... Gagasan kenapa saya ingin menjadi anggota Pramuka begitu sederhana. Itu karena saya melihat, orang-orang dewasa disekitar saya adalah anggota Pramuka (dulu dan sekarang). ... dan itu keren. Bahasa Inggrisnya; That was awesome !



Nah, saya melihat bahwa bibit-bibit pemuda terbaik dapat lahir salah satunya dari anggota Pramuka di tingkat sekolah menengah pertama dan atas. Mungkin juga mereka yang sudah di level Penegak atau di atasnya. Pembina Pramuka juga saya harap ikut terlibat dalam gerakan Karang Taruna tingkat Desa/ Kelurahan.



Gagasan saya tidak revolusioner namun saya membayangkan ada sebuah desa dimana anak-anak remajanya bersekolah di berbagai lokasi. Desa ini memiliki warga yang juga anggota Pramuka di sekolah-sekolah ataupun di tingkat masyarakat. Lalu mereka berbondong-bondong menjadi anggota SERTA PENGURUS KARANG TARUNA DESA !


... W,O,W...



Bayangkan, Karang Taruna apa yang akan terbentuk di Desa dengan pengurusnya sebagian besar adalah mereka yang juga anggota Pramuka ?!


Bukan bermaksud mencampur adukkan Pramuka dengan Karang Taruna.

Namun sebenarnya anggota Pramuka haruslah dapat menjadi bagian dari gerakan sosial kaum muda di Desa atau tingkat di atasnya melalui Karang Taruna.



Penutup dari saya, #PemudaMoveOn itu harus mampu menerima potensi kebaikan dalam dirinya. Tak perlu malu dan takut bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa. Justru kamu lah benih pergerakan dan perkembangan negeri ini kedepannya.


Salam SUMPAH PEMUDA !!

@orangQren


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels