catatan diri dan tren berita di masyarakat

Jumat, 16 Agustus 2013

Indonesia : Selamat Berulang Tahun di tahun 2013

Indonesia pada bulan Agustus tahun ini akan memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan yang ke- 68. Tepatnya pada hari Sabtu, 17 Agustus 2013 esok. Agak sungguh ironis bila memperingati kemerdekaan dengan suka cita tanpa mengindahkan apa yang terjadi di Mesir sekarang ini. Berdasarkan sejarah yang kami ketahui, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 lalu mendapatkan dukungan pertama dari masyarakat Mesir dan Palestina. Merekalah masyarakat internasional yang dengan segenap kedaulatannya memberikan dukungan dan mengakui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sungguh menjadi kesedihan menyayat hati meski kini jelas bahwa masyarakat Indonesia dan masyarakat Mesir dan Palestina yang begitu berjauhan secara geografi, fisik dan pikiran harus berpura-pura tidak sedih melihat apa yang terjadi di Mesir baru-baru ini dan di Palestina sejak puluhan tahun ini.


Bagaimana kah demokrasi harus mempertahankan dirinya bila harus kalah oleh suara oposisi dan militer ?
atau bagaimanakah negara-negara demokrasi harus bersikap terhadap apa yang terjadi di Mesir dan Palestina ?

Sungguh dibutuhkan dorongan hati nurani akan sikap politik dari berbagai pihak yang pro demokrasi untuk memandang masalah di Mesir dan Palestina sebagai suatu hal yang serius yang dapat mengancam demokrasi. Saya sendiri membuat analogi yang sederhana bahwa oposisi demokrasi kini menggunakan demokrasi untuk mengancam demokrasi yang berjalan.


Sungguh sebuah hal yang mengerikan bila demokrasi berganti dengan cepat dan revolusioner dengan mengatasnamakan demokrasi.


Ya, demokrasi adalah suara rakyat untuk rakyat. People vote for people wealth.

Namun ada pertanyaan yang menggelitik sejak demokrasi itu muncul di Yunani dulu hingga sekarang.

Masyarakat seperti apakah yang bersuara untuk demokrasi ?? !!

Masyarakat seperti apakah yang berdemokrasi ?


bagaimana jawabannya ? maka akan muncul keraguan dibaliknya ...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels