catatan diri dan tren berita di masyarakat

Kamis, 07 Maret 2013

Aspirasi Saya (Warga) sebagai Kepala Desa

Saya ada rencana program kerja yg sebenarnya sudah kewajiban kerja seorang Kades :
(1) Open Recruitmen Desa ---> tujuan untuk mendapatkan masukan SDM yang mampu bekerja di kantor desa dengan kriteria energik, terbuka, siap melayani, dan kriteria administratif lainnya.
 

Bagaimana caranya ?
membuka informasi kebutuhan SDM untuk kantor Desa, memberikan penawaran honor dan tunjangan yang baik, membuka informasi terkait pelaksanaan rekrutmen SDM Desa.

(2) Audit Semesta Desa --> tujuan untuk mendapatkan informasi data dan fakta terkait bidang POLEKSOSBUD HANKAM di Desa Bojonggede. Sehingga datanya dapat menjadi landasan kuat dalam program dan kerja-kerja perangkat desa.

Bagaimana caranya ?

mengumpulkan data dari RT RW se Bojonggede dengan format terbaru untuk Audit Semesta Desa, membuat stiker/penanda Audit Semesta Desa,

apa saja yg di audit ? Jumlah dan keadaan :
warga desa, rumah, kendaraan, fasilitas pendidikan, fasilitas pelayanan kesehatan, fasilitas ibadah, fasilitas jalan, fasilitas rekreasi, fasilitas ekonomi, para pedagang, fasilitas air dan salurannya,

(3) Open Desa ---> membuka akses informasi yang mudah terkait Desa Bojonggede kepada warga Desa Bojonggede terkait berbagai bidang POLEKSOSBUD HANKAM, bahkan termasuk honor dan tunjangan perangkat desa, Duta Desa, Pemasukan Desa dan Pengeluaran Desa.
 

Bagaimana caranya ?
membuat papan mading di setiap RT dan RW se Bojonggede, membuat webblog resmi Desa Bojonggede, membuat nomor pengaduan/pelayanan warga

(4) Senyum Duta Desa ---> memberdayakan orang muda, Karang Taruna dan pengojeg agar menjadi duta senyum dan pelayan warga dengan cepat tanggap.
 

Bagaimana caranya ?
merekrut orang-orang muda, pengojeg dan karang Taruna
melatih bagaimana menjadi Duta Desa yang murah senyum dan cepat tanggap dalam melayani warga

(5) Kerja-kerja Desa --> memenuhi kebutuhan administrasi warga Desa Bojonggede dengan baik dan pelayanan prima
 

Bagaimana caranya ?
mendata dan membaca laporan kerja-kerja desa di periode sebelumnya, mengelola tim kerja kantor desa, menjalankan program-program kerja desa, membuat silaturahim rapat koordinasi RT-RW secara periodik.

yang lain,  ^____^  tentunya saya ingin proses audit ini agar saya dapat gambaran jelas berapa pendapatan Desa sebenarnya. Saya juga ingin ada ketentuan Retribusi yang jelas dan resmi serta memastikan tidak ada pungutan liar yang memberatkan warga Bojonggede
Share:

1 komentar:

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels