catatan diri dan tren berita di masyarakat

Selasa, 26 Februari 2013

PILKADA Jabar 2013 : Hak Memilih

Dua hari lalu, tepatnya tanggal 24 Februari 2013, saya melakukan langkah-langkah besar dalam menjalankan peran saya sebagai warga negara. Jangan bayangkan saya melangkah dengan panjang langkah yang lebar ya. Saya tidak seaneh itu . Langkah besar sebagai warga negara yang saya maksud adalah melakukan hak saya dalam peristiwa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat.


Hari minggu pagi itu saya sudah mendengar suara alunan "Degung" Sunda. Sungguh, baru kali ini saya mendengar peristiwa Pilkada diiringi alunan instrumen musik. Ini pengalaman baru penyelenggaraan pemilihan kepala desa dengan begitu humanis dan harmonis. Setidaknya itu yang saya harapkan di benak saya.


Ada beberapa kandidat yang harus dipilih salah satunya. Berjumlah 5 pasang kandidat calon gubernur dan wakil gubernur. Saya ingat hanya beberapa orang saja. Aher-Dedi Mizwar, Rieke-Teten Masduki dan Dede Yusuf-Lex. Untuk dua pasangan lainnya saya kurang mengenalinya.


Sampai saat ini kuku jari telunjuk saya masih memiliki tanda tinta bahwa saya sudah memberikan satu suara saya dalam pemilihan kepala daerah itu. Tinta itu menjadi bukti bahwa saya sudah menggunakan hak saya sebagai warga negara. Meski bagi beberapa orang mengatakan bahwa hak memilih ini dapat dilakukan atau tidak dilakukan.

Saya tetapkan dalam hati bahwa ini adalah hak saya untuk memilih. Hak semua warga negara yang memenuhi persyaratan untuk memilih. Saya camkan juga bahwa kerugian yang sangat nyata apabila saya tidak menggunakan hak memilih saya.

Beberapa orang mengatakan, " ... untuk apa memilih pemimpin apabila sudah tidak ada pemimpin yang bisa dipercaya dan dianggap mampu ?"

 

Namun buat saya itulah kenapa para calon pemimpin itu harus dapat membuktikan dirinya. Apabila dia gagal, maka itu sudah menjadi pelajaran berharga untuk semua. Apabila kinerjanya bagus, maka itu adalah kebaikan untuk semua.

 

Apabila Anda tidak memilih, itu juga termasuk dari pilihan Anda. Meski saya sendiri khawatir apabila suara netral Anda tidak digunakan maka orang lain yang akan memberikan suaranya pada kandidat mereka masing-masing, baik Anda suka atau tidak suka. Lalu yang terpilih Adalah yang terbaik yang dapat mewakili bagaimana keadaan Anda atau masyarakat luas pada umumnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels

Arsip Blog