catatan diri dan tren berita di masyarakat

Sabtu, 02 Februari 2013

Era Reformasi Turki Osmanli : prakondisi

.... Saya akan mulai ini setelah seharian menjelang malam di Detos. Sebelumnya tertunda karena ingin makan nasi ayam penyet dari Penyet Sehat. Sisa jam sebelum pulang pun saya menyempatkan diri untuk ke toko buku.


Setelah saya suap nasi sekali, terasa agak keras di luar, lembut di bagian dalam nasi. Berikutnya saya coba sambal penyetnya. Lidah berdecak. Secara otomatis saya menyendok nasi berikutnya. Makan nasi lagi hanya untuk menghilangkan pedas sambal yang saya coba. Ayam Penyet ini berbumbu sambal pedas !!!


Nah itu adalah prakondisi saya tadi siang setelah sebelumnya saya berencana untuk memposting lanjutan cerita tentang Reformasi Turki Usmani (Osmanli). Kondisi tersebut yang membuat saya menunda untuk membuat postingan lanjutan. Istilah "prakondisi" ini lah yang menjadi tema postingan ini.
.......................................................




Prakondisi Era Reformasi Turki Usmani ini ditandai dengan :
  1. Tertinggalnya secara eknomomi karena kurang perhatian pada pengembangan sumberdaya alamnya
  2. Tertinggalnya Turki secara  militer. Hal ini karena terbukti sejak kalah perang dari Prancis-Napoleon, Turki sudah ketinggalan jaman. Dimana kekalahan tersebut karena pasukan Turki yang Cavaleri dan berpedang menghadapi strategi MODERN bertahan-menyerang Napoleon menghadapi pasukan cavaleri dengan senapan berbayonet dan teknologi meriam dengan mobilitas tinggi (1812) dan Perang Dunia I (1914).
  3. Tertinggalnya Turki secara sosial dan politik. Hal ini dikarenakan ketiadaan kalangan menengah (terpelajar), kurangnya kekuatan Sultan dalam mempengaruhi pejabatnya di daerah-daerah perbatasan, dll.

Prakondisi lainnya adalah (1914) :
  1. Munculnya Great Powers atau kekuatan besar, negara-negara seperti Prancis, Inggris dan lainnya di Eropa
  2. Munculnya Amerika Serikat sebagai Great Power. Amerika menjadi besar melalui jalan panjang hasil akibat dari kolonialisasi Eropa. Khususnya Inggris, Prancis, Spanyol. 
Hal lain yang membuat Amerika menjadi Great Power pada awalnya adalah berhasilnya memperluas wilayah dari pantai timur hingga pantai barat setelah perang Utara-Selatan. Lalu dengan cepat memperluas wilayah ke Selatan, hingga ada perang Mexico. Namun kemudian pencaplokan wilayah negara pulau kecil di Pasifik secara halus sehingga wilayahnya menjadi luas dalam waktu cepat. 


Hal berikutnya yang membuat Amerika disegani adalah kemampuan perangnya ketika Perang Dunia I begitu efektif dengan strategi kapal lautnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels

Arsip Blog