catatan diri dan tren berita di masyarakat

Selasa, 11 September 2012

Comiconnexions Festival 2012 di Jakarta

Hari jumat dan sabtu (7-8)/9 lalu, saya ikut serta dalam acara Comiconnexions Festival. Sebuah acara pameran dan diskusi komikus Jerman, Prancis dan Indonesia. Rupanya festival ini tidak hanya itu. Ada pula kegiatan Mural Wall of Activity, Komik Jamstrip, Workhsop komik untuk anak, pemutaran film animasi, Komik Corner dan bazaar komik dan kaos.

Cangkir Kopi orangQren
...

Banyak orang sebelumnya bertanya-tanya dimana lokasi acara Comiconnexions Festival tersebut. Acara ini berlangsung di Goethe Institute, Menteng, Jakarta Pusat. Rutenya memang agak sulit dengan kendaraan bus. Bus yang lewat jalan ini hanya Kopaja P20 jurusan Lebak Bulus-Senen. Itu pun hanya satu arah saja. Kendaraan umum lain yang dapat digunakan untuk ke lokasi adalah Kereta ekonomi Commuter Line yang berhenti di stasun Gondangdia. Apakah kalian tahu Stasiun Gondangdia ?  lihat pada peta.











Acara ini hanya berlangsung dua hari saja, meski untuk pameran karya cukup lama. Acara juga akan dilanjutkan di ISI Yogyakarta. Pameran karya komik dalam acara Comiconnexions Festival ini terdiri dari tiga tema.
1. Comic, Manga,& Co. yaitu tema untuk pameran komik-komik kontenmporer yang sedang gandrung di Jerman
2. Comiconnexions, yaitu tema untuk pameran komik para komikus Jerman dan Indonesia kerjasama Goethe Institute dan Indonesia.
3. City Tale, yaitu tema untuk pameran komikus Jerman, Asia Tenggara dan Australia yang menggambarkan kota-kota tempat para komikus berada.


Apa yang menjadi kesedihan saya selama pameran ini adalah saya tidak dapat mengikuti acara-acara yang berada di di dalam ruang Saal. Apa saja acara yang berada di ruang Saal ? Semua acara pembukaan, presentasi ide, diskusi hingga pemutaran film utama berada di ruang Saal.




Apa yang menjadi kejutan saya adalah animo pengunjung dalam acara ini. Saya perkirakan 200-orang hadir setiap harinya. Wow ! untuk sebuah topik acara yang khusus komik, Comiconnexions Festival ini berhasil menarik peminat komik Jakarta dan sekitarnya.




Acara ini merupakan kerjasama antara Goethe Institute, Institut Francais-Indonesia, Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Akademis Samali.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels