catatan diri dan tren berita di masyarakat

Rabu, 22 Agustus 2012

Membuat Banner untuk Tampilan Blog

Banner ada yang tahu itu apa ??

A banner is a flag or other piece of cloth bearing a symbol, logo, slogan or other message. Banner-making is an ancient craft. (http://en.wikipedia.org/wiki/Banner)
 atau bisa juga istilah berikut ini :

A web banner or banner ad is a form of advertising on the World Wide Web delivered by an ad server. This form of online advertising entails embedding an advertisement into a web page. It is intended to attract traffic to a website by linking to the website of the advertiser. (http://en.wikipedia.org/wiki/Web_banner)

Tapi banner yang dimaksud disini adalah tampilan banner yang biasa ada di website. Banner atau bendera atau spanduk bahasa orang di Indonesia merupakan bagian persegi panjang. Ukurannya biasanya panjang 8 cm, lebar 30 cm. Yah, kurang lebih seperti itu. Ukuran bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan muatan dari banner tersebut.

Contoh banner yang saya buat ada pada header dengan foto saya di atas. Contoh lainnya adalah banner promosi di bagian bawah yang berisi -- juga foto-foto saya. Hehehe.

Bagaimana membuat banner untuk tampilan blog kita ?
Kalau kamu memiliki program pengolah gambar, silahkan buat file baru dengan ukuran panjang 7-8 cm dan lebar 28-30 cm. Dari file ukuran kanvas tersebut kamu bisa kreasi apa saja yang kamu mau sebagai muatan dari banner tersebut. Dapat berupa kata-kata penyemangat, gambar, hingga link tertentu.


Hal lain yang perlu diingat adalah untuk selalu mensetting resolusi yang tidak terlalu besar. Ukuran resolusi ini berbentuk ukuran pixel. Ingat ya, untuk ukuran website atau blog, 1000 pixel itu terlalu BESAR. 

Buatlah ukuran resolusi panjang-lebar banner sekitar 600-800 pixel.


Nah, untuk kamu yang menyukai dan berlatih desain grafis, pasti bisa bikin web banner untuk blog yang sesuai ciri khas kamu sendiri. Beberapa teman saya buat header blog dengan banner ini begitu bagus. Kasus saya saja yang sepertinya gak cantik. hahaha

Selamat berkreasi!


tips : apabila ada waktu dan fasilitas, berlatihlah mengasah kemampuan desain grafis mu.


---------------------------------------
catatan : saya mengisi waktu sementara menunggu pemberangkatan ke desa nanti sore.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels

Arsip Blog