catatan diri dan tren berita di masyarakat

Rabu, 08 Agustus 2012

Kemang 89 --- Perjalanan mencari ruang kreatifitas

Setelah lama tak menulis...
 (:-)

Hari ini saya pergi mengunjungi Kemang 89. Sebuah tempat yang menurut saya merupakan sebuah galeri atau tempat pameran barang2 artistik. Namun Kemang 89 sendiri memposisikan dirinya lebih dari itu.


baca selanjutnya ...
--------------------------------------------------









Saya di Kemang 89 bertemu dengan Mbak Dewi yang bertugas di bagian showroom Kemang 89. Hanya sementara meskipun saya sebenarnya hanya ingin tahu rute perjalanan dengan kendaraan umum menuju Kemang 89. Alhasil, saya dari Bojonggede ke Pasar Minggu naik kereta commuter line (saat itu jam 9:40-an, agak2 kosong, heheh :P). Keluar stasiun Pasar Minggu saya menuju pasar di depan Robinson-Ramayana. Disana sudah menunggu bus hijau Kopaja 614 jurusan Pasar Minggu-Cipulir. Nah bus ini melewati jalan Ampera-Kemang, Benda, Puri Mutiara-Jeruk Purut, Antasari, terus Mayestik hingga ke arah Cipulir (jauh bo!).

Saya dari bus 614 setelah melewati Pejaten Village dan masuk ke Pejaten Barat sudah siaga. Karena sebentar lagi masuk jalan Ampera. Disini saya harus turun di Kemang Selatan ketika bus berbelok menuju jalan Benda dan Puri Mutiara. Pas di belokan ke kiri ada Graha Kemang (semacam restoran stik).

Kalau dah turun dan menyebrang akan ditemukan Habibie Center dan galeri Dia.Lo.Gue. tapi jangan terkecoh ya, nomor gedung di Kemang ini tidak berurutan. Hahah.

Kalau mau ke Kemang 89 masih harus berjalan kaki lagi melewati Sevel, Lawson, Circle K, Dominos Pizza, dan ...taraaa... ketemu deh Kemang 89.

Kalau mau langsung turun di depannya dapat naik bus hijau Kopaja 605A dari arah Kampung Rambutan menuju Blok M. Jalan lewat Ampera juga tapi lurus ke Kemang Selatan (kalau 614 sampai di ujung jalan Ampera berbelok ke arah Puri Mutiara). Siap2 aja turun di depan Kemang 89 setelah memperhatikan beberapa convenient store tadi.

-------------------------------------------------
Saya kaget bukan kepalang mengenai profil Kemang 89 ini. Apa saja yang buat saya terkagum-kagum dengan Kemang 89 akan saya uraikan dalam poin berikut :

1. Kemang 89 memiliki visi untuk menjadi pemimpin dalam pusat peningkatan kreativitas untuk para artis, desainer, arsitek, pencari bakat, musisi dan pekerja kreatif lainnya.

Hal ini berarti mereka berusaha untuk secara berkelanjutan menginspirasi masyarakat melalui percampuran seni yang unik, gaya hidup, desain, musik dan kebudayaan.

Hal utama dari visi ini adalah keinginan untuk menjadi institusi pelopor dalam melayani  pertukaran kebudayaan global dan untuk memproduksi serta mempromosikan potensi kreatif lintas disiplin dengan menanamkan nilai-nilai lokal kepada masyarakat luas.

2. Setelah saya masuk ke dalam Kemang 89,  rupanya tidak hanya galeri barang-barang seni tapi ada juga ruang-ruang kreativitas, toko, restoran, sekolah musik, tempat olahraga, perkantoran, perpustakaan, tempat nonton dan lainnya. Terimakasih atas mbak Dewi nih yang juga menujukkan kekagumannya atas tempat kerjanya itu.

3. Harga barang2 yang dijual di showroom pakai mata uang Euro dan Dollar. Wattaa !! Kalo saya yang belanja, maka saya harus jadi orang sukses dulu nih. heheh

4. Salah satu orang yang terlibat di dalam Kemang 89 saya tahu sebagai konsultan SDM, Ibu Eileen Rachman. Kalau dikalangan desainer mungkin kenal dengan desainer atau arsitek Kemang 89. Kalau di kampus, Pak Hir selalu mengulas tulisan bu Eileen yang ada di rubrik Klasika Kompas Sabtu, jadi terasa lebih dekat deh dengan si Ibu ini (meski tidak kenal).

Nah, segitu aja nih ulasan hari ini.

see ya later


nb: Bus Hijau Kopaja 614 rute Pasar MInggu - Cipulir
Share:

6 komentar:

  1. pas turun dr 614 di ampera, kalau mau jalan kaki saja sampai depan gedung 89, jauh gak? maksudnya supaya tdk perlu menunggu 605A.. trimakasih

    BalasHapus
  2. kalau mau jalan dari terakhir 614 di Ampera belok, gak jauh-jauh amat kok ke 89

    jalan-jalan kaki di Kemang cukup friendly. :P

    maaf ya baru balas, saya baru cek komen itu

    BalasHapus
  3. kl naek 605 dari rambutan turun pas dpn gedungnya langsung y?
    g perlu nyebrang gt??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru lihat tulisan komentarnya. Iya betul sekali

      Hapus
  4. Mas klo dari Cipete kmna lagi y, soalnya k,mrn saya mau ke Gd. Experd (Kemang89) tp seharian gk ketemu akhirnya pulang lagi ke Ciputat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mas, maaf baru balas. Itu dari Cipete sedikit lagi sampai ke Kemang Raya. Posisinya di ujung jalan Kemang Raya arah mau ke ragunan/ tol.

      Hapus

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels

Arsip Blog