catatan diri dan tren berita di masyarakat

Rabu, 04 Mei 2011

ngBlog Ekspres!!

Penulisan di sebuah blog dasar tujuannya adalah untuk menyampaikan ekspresi diri. Sama seperti filosofi dari sebuah dunia maya bernama internet, maka ekspresi diri itu merupakan suatu bentuk dari kebebasan.

Entah itu kebebasan informasi atau kebebasan bersuara. Bentuk penulisan informasi dapat berupa berita, atau sekedar trik-trik dalam menyelesaikan suatu permasalahan terkait hobi tertentu, atau dalam bentuk petunjuk manual suatu produk. Hal yang paling banyak ada di dunia internet adalah penulisan informasi berita dan iklan untuk menjual suatu produk atau jasa. Sumbernya dari mana? Ah, hanya pengamatan pribadi. Gak usah diambil pusing lah ~ ..

Penulisan dalam bentuk kebebasan bersuara ini dapat berupa keluhan terhadap pelayanan sesuatu, atau bahkan keluhan terhadap dunia nyata. Mengeluh adalah salah satu sifat dasar manusia. Sifat ini menunjukkan bagaiamana sebenarnya manusia itu lemah. Belum lagi bentuk penulisan yang bernuansa afeksi. Emosi. Kemarahan. Kesedihan. Kesenangan. Gembira. Hingga mungkin yang terdalam dari diri seseorang yang tidak ditunjukkan di dunia nyata.

Nah, bagian dari penulisan ekspresi inilah yang banyak menghias blog ini. Kenapa? karena selain ada perasaan untuk menunjukkan bagaimana diri sendiri... JUGA ingin menjadi suatu bentuk untuk mengenali diri lebih dalam.

Menulis dapat menjadi sejarah diri kita sendiri. Atau bahkan sejarah dari manusia itu sendiri. Bila ada yang dapat dijadikan pelajaran atau hikmah maka itu adalah suatu nilai tambah. Tulisan yang bernilai tinggi. Bila tidak maka cukuplah untuk menjadi sekedar tahu bagi pembacanya.

Tips agar blog kita itu tidak bermasalah, tulislah seakan-akan punya cerita sendiri. Bila melibatkan orang lain, gunakan nama lain atau ceritakan seakan-akan itu adalah kisah-kisah-an... :P
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels