catatan diri dan tren berita di masyarakat

Rabu, 04 Mei 2011

MaRAH !!!

Senin, 25 April 2011.

Sering kali perasaan marah muncul. Manusiawi. Hal lain diluar nalar kita adalah bahwa ternyata 'marah' itu juga bagian dari anugerah. Sebuah potensi yang diberikan kepada Manusia. Bahkan untuk kalangan binatang, perasaan 'marah' sudah menjadi insting hidupnya.

Insting marah pada binatang dapat dilihat dari induk yang berusaha melindungi anaknya. Usaha untuk melindungi sarang. Atau menjaga kawanan dan kelompoknya.

Hal yang sudah menjadi lumrah bagi kita, rasa marah itu selalu berkonotasi negatif. Marah itu menyeramkan. Sesuatu yang tidak mengenakkan bagi orang yang mengalaminya atau orang yang berada di dekat orang yang sedang marah itu.

Kenapa manusia dapat merasakan marah? Apa sih rasa marah itu?

Terkadang ketika rasa marah itu muncul, kita berusaha untuk mencari-cari sesuatu untuk dilampiaskan. Entah itu pada orang atau situasi yang membuat kita marah. Dapat juga kita melampiaskan pada hal-hal lain yang membuat kita reda.

Namun alih-alih untuk melampiaskan pada hal-hal yang menurut diri ini bisa menenangkan kemarahan, hal itu malah menjadi kekuatan bagi kemarahan itu sendiri. Bentuknya dapat berupa memendam kemarahan dan dapat berupa meledakkan kemarahan.

mau artikel yg lebih ok? nih liat aja http://kesehatan.kompas.com/read/2009/04/24/20510849/Marah.yang.Bermanfaat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.

DETOKS IT'S BUAH

IT's Buah

Labels